[KENANGAN DI BULAN DESEMBER 2014] Tulisan Tertunda

Tak terasa 4 tahun tlah berlalu, 4 tahun jari jemari itu bermain huruf dan angka di suatu laptop diiringi dirgen logika dan akal sehat untuk sesuatu yang diyakininya pada saatnya akan menjadi sebuah kenyataan. Hari ini 4 tahun atau Desember 2014 lalu kembali teringat akan suatu peristiwa dimana penulis memiliki obsesi dan diilhami keinginan yang kuat untuk merangkum seluruh  ide, gagasan, dan pendapat “Sang Inisiator LEM” mengenai konsep “Membangun Perkebunan Rakyat Melalui Penguatan Kelembagaan Petani LEM Sejahtera” yang senantiasa disampaikan dalam berbagai kesempatan baik pada saat melaksanakan sosialisasi LEM di jazirah Sulawesi Tenggara maupun dalam forum atau pertemuan dengan berbagai SKPD, Perbankan dan Pengusaha.

Tulisan ini sejatinya dapat dipublikasi sejak 4 tahun lalu namun penulis dengan segala keterbatasan yang dimiliki belum dapat menyajikannya. Terlepas dari semua itu, penulis meyakini Tuhan Yang Maha Esa belum mentakdirkan dan kini di bulan yang sama tahun yang berbeda barulah tulisan ini dapat di share.

Penulis berupaya semaksimal mungkin menjabarkan pendapat dan pikiran Sang Inisiator LEM tentang bagaimana peran kelembagaan petani LEM Sejahtera dalam membangun perkebunan rakyat. Peran kelembagaan petani LEM Sejahtera pada intinya menggambarkan betapa besar peran kelembagaan LEM dalam mengusahakan dan membangun perkebunan rakyat. Fakta menunjukkan
bahwa pembangunan perkebunan rakyat belum mencapai kemajuan seperti apa yang diharapkan, masih terdapat berbagai masalah dan kendala yang membentang, dimana jika tidak dicari solusinya dikhawatirkan kondisi dan kinerja pembangunan perkebunan ke depan akan semakin jauh dari harapan.

Penguatan kelembagaan petani LEM Sejahtera. Itulah tema terobosan pembangunan perkebunan yang jika diterjemahkan dalam pengertian yang luas berarti penguatan posisi tawar petani, peningkatan pengetahuan, sikap, keterampilan dan mentalitas petani, perbaikan sistem budidaya, peningkatan nilai tambah, mandiri dan bermartabat, sinergi, berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan dalam pembangunan nasional.

Bagaimana peran dan apa saja yang menjadi sasaran penguatan kelembagaan petani LEM Sejahtera dalam membangun perkebunan rakyat yang disampaikan dalam berbagai kesempatan oleh Sang Inisiator LEM...?  Akan diurai dalam tulisan ini DOWNLOAD FILE DISINI sehingga diharapkan semua insan perkebunan dapat memahami dan pada gilirannya mengundang kontribusi dan partisipasi untuk menyukseskan PERKEBUNAN JAYA--PETANI SEJAHTERA.

Penulis menyadari, dalam tulisan tersebut masih banyak kekurangan dan kesalahan baik tata bahasa dan redaksi, sistimatika penulisan. Pendek kata, tulisan ini masih jauh dari kata sempurna. Karena itu  saran dan koreksi yang bersifat konstruktif sangat diharapkan dari pembaca yang budiman. Semoga tulisan sederhana ini dapat manfaat.

Salam “BATiK” Bukan Aku Tapi Kita
Gant

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[KENANGAN DI BULAN DESEMBER 2014] Tulisan Tertunda"

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan komentarnya

Tag Terpopuler