CARA MUDAH MEMBUAT SERTIFIKAT MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sertifikat adalah tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian. Dari pengertian ini dapat kita simpulkan bahwa sertifikat merupakan hal penting untuk dimiliki oleh seseorang ketika telah mengikuti  sesuatu kegiatan yang dilaksanakan. Dikatakan penting karena menjadi tanda atau bukti otentik atas keikutsertaannya dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu instansi tertentu. Itu sebabnya, pemberian sertifikat kepada seseorang sering kita temui pasca mengikuti suatu kegiatan meskipun pada faktanya belum semua peserta menerima sertifikat atas kegiatan yang telah diikutinya.

Pada umumnya sertifikat diserahkan panitia suatu kegiatan kepada peserta sehingga jauh sebelum kegiatan berakhir panitia sudah harus menyiapkan sertifikat yang akan diberikan tersebut dan telah di cap/stempel serta ditandatangani oleh pimpinan suatu instansi atau lembaga.

Kali ini saya ingin berbagi dengan sobat sekalian tentang bagaimana cara membuat sertifikat hanya menggunakan microsoft powerpoint namun hasilnya tidak kalah dengan sertifikat yang dibuat menggunakan aplikasi design grafis seperti photoshop, coreldraw dan lain-lain.

Pembuatan sertifikat menggunakan powerpoint relatif lebih mudah dilakukan karena hanya mengkombinasikan fasilitas SHAPE dan FORMAT SHAPE yang kesemuanya telah tersedia dalam microsfot powerpoint. Ditambah dengan imajinasi dan kreativitas sobat sekalian yang dimiliki dalam mengkombinsikan warna pada shape atau objek gambar yang dibuat, maka akan semakin menambah keren dan menarik sertifikat tersebut.

OK Sobat…tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung mulai cara membuat sertifikat menggunakan microsoft powerpoint. Adapun langkah-langkah pembuatan sebagai berikut:

1.  Buka microsoft powerpoint dan klik Tab New untuk membuka file baru lalu pilih salah satu       Themes. Lihat gambar di bawah
















2. Ganti tampilan slide menjadi tampilan Blank, caranya klik Tab Layout lalu pilih Theme jenis Blank. Lihat gambar di bawah
















3. Pasang garis bantu untuk memudahkan penempatan objek/tulisan. Caranya klik Tab View lalu aktifkan atau beri tanda centang tombol Guides. Lihat gambar di bawah














4. Ganti ukuran slide dari ukuran awal. Caranya klik Tab Design lalu klik tombol Slide Size dan pilih Custom Size kemudian ganti ukurannya menjadi 30 cm x 20 cm, klik tombol OK lalu akan muncul tombol Maximize dan Ensure Fit. Sobat klik saja Ensure Fit. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

























5. Ganti format background menjadi pattern fill. Caranya klik kanan lalu pilih format background. Selanjutnya pilih pattern fill dan tentukan jenis pattern fill yang ingin diterapkan.










6. Buat kotak persegi yang ukurannya menutupi slide/background. Caranya klik Tab Insert lalu pilih Tab Shape dan pilih Rectangle. Setelah itu pilih gradient fill lalu atur keseluruhan kotak persegi tersebut mulai dari Angle, Gradient stops, Color, Position dan Transparancy-nya. 
Keterangan: Angle 00, 2 Gradient stops yaitu Stops 1 warnanya Blue Acent 5 Darker 50%, Position 0%, Transparancy 24% dan Brightness 50%. Sedangkan Stops 2 warnanya white 5%, Position 88%, Transparancy 0% dan Brightness 5%.


7. Buat 4 gambar segitiga. Caranya klik Tab Insert lalu klik Shapes dan pilih Right triangle atau icon segitiga dengan ukuran: 12,35 cm x 4,2 cm dan jangan lupa hilangkan garis tepi atau outline-nya. Tambahkan ornamen garis pada sisi segitiga dan beri warna mengikuti warna segitiga.Warna garis bagian bawah mengikuti warna segitiga bagian atas dan sebaliknya.
















8. Langkah terakhir, masukkan objek gambar atau logo instansi pemberi sertifikat dan ketik-kan tulisan SERTIFIKAT beserta redaksinya














9. Hasil akhir akan tampak seperti gambar di bawah ini 

















Demikian cara membuat sertifikat menggunakan microsoft powerpoint, untuk lebih memudahkan cara pembuatannya saya sertakan VIDEO TUTORIAL, SILAHKAN KLIK DISINI untuk menonton atau men-DOWNLOAD VIDEO-nya. 

Saya berkeyakinan sobat sekalian pasti bisa membuatnya bahkan jauh lebih baik dan keren lagi dari apa yang saya buat ini karena kekayaan kreativitas dan imanjinasi sobat sekalian dapat mengantarkan pada pembuatan sertifikat dari sekedar contoh yang saya bagikan. 

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat..!!

Gant

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MUDAH MEMBUAT SERTIFIKAT MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT"

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan dan komentarnya

Tag Terpopuler